prospek kerja lulusan ilmu komunikasi

8:23 AM

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Konsentrasi Jurusan Ilmu Komunikasi Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi.
Memilih Konsentrasi Jurusan Ilmu Komunikasi (Jurnalistik, Public Relation, dan Manajemen Komunikasi)

Konon kabarnya bidang komunikasi merupakan bidang yang semakin menjanjikan dimasa mendatang. Karena memiliki prospek kerja yang jelas, luas dan terarah. Tidak heran kalau saat ini bidang komunikasi banyak diminati oleh masyarakat khususnya kaula muda. Lantas timbul pertanyaan, mengapa bidang komunikasi banyak diminati? Alasan dari banyak orang untuk memilih ilmu komunikasi sebagai latar pendidikannya adalah ilmu komunikasi bisa diaplikasikan dalam bentuk apapun dan tentunya tuntutan kebebasan berbicara dalam era globalisasi ini membuka hati setiap orang untuk lantang menyuarakan aspirasinya. Meskipun peluang kerja dibidang komunikasi cukup luas, tetapi untuk mencapainya diperlukan sebuah kemampuan yang mumpuni. Walaupun pada kenyataannya tidak menutup kemungkinan para lulusan bisa berada di profesi manapun. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa prospek pekerjaan untuk para lulusan komunikasi.


Konsentrasi Ilmu Jurnalistik

PROFIL LULUSAN

  • Wartawan
  • Manager Media
  • Fotografer
  • Konsultan Media
  • Pendidik/Trainer
  • Penelitian


KOMPETENSI LULUSAN

a. Kompetensi Utama
  1. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang jurnalistik surat kabar, radio, dan TV dan internet, serta beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah jurnalistik surat kabar/radio/TV/Internet.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan spesialis dan mendalam di bidang-bidang jurnalistik surat kabar/radio/TV/Internet, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural jurnalistik surat kabar/radio/TV/Internet.
  3. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam bidang jurnalistik surat kabar/radio/TV/internet.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi dan individu dalam bidang jurnalistik surat kabar/radio/TV/Internet.
b. Kompetensi Pendukung
  1. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam merancang dan mengelola kegiatan jurnalistik surat kabar/radio/TV/Internet.
  2. Mampu memecahkan permasalahan jurnalistik dengan memanfaatkan ilmu dan teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Menguasai konsep dan teori tentang jurnalistik serta mampu menerapkan konsep dan teori tersebut dalam mengelola lembaga dan kegiatan jurnalistik surat kabar/radio/TV/Internet.
  4. Mampu menawarkan alternatif penyelesaian masalah prosedural untuk efektivitas dan efisiensi pengelolaan lembaga dan kegiatan jurnalistik surat kabar/radio/TV/Internet.
  5. Menguasai metode dan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif dalam bidang jurnalistik surat kabar/radio/TV/Internet.
  6. Mampu menyusun telaahan (evaluasi) tentang kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam proses penyelenggaraan lembaga dan kegiatan jurnalistik.
  7. Mampu memanfaatkan informasi dan data dalam menentukan alternatif yang paling tepat dalam pemecahan masalah jurnalistik.
  8. Mampu mengelola lembaga dan kegiatan jurnalistik surat kabar/radio/TV dengan berpedoman pada nilai-nilai kejujuran, seimbang, adil dan demokratis baik secara individual maupun tim.
c. Kompetensi Lainnya
  1. Berpikir logis dan berstruktur berdasarkan kaidah ilmu pengetahuan dalam bidang jurnalistik surat kabar, radio, dan TV.
  2. Terampil dalam mengelola lembaga dan kegiatan-kegiatan jurnalistik surat kabar, radio, dan TV.
  3. Berpegang teguh pada prinsip-prinsip hukum, etika, moral dan ketuhanan, berakhlak mulia, dan memiliki etos kerja yang tinggi dalam menyelenggarakan layanan kepada masyarakat yang terkait dengan bidang jurnalistik surat kabar, radio, dan TV,
Pendidikan Program studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Ilmu Jurnalistik Strata Satu (S1), bertujuan mempersiapkan sarjana yang terampil serta akademis dan profesional sebagai tenaga peneliti, perencana dan pengelola dibidang jurnalistik.
Sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi, kurikulum pendidikan dalam program studi ini memberikan perhatian terhadap aspek yang menyangkut perkembangan, proses, dampak, dan pendayagunaan teknologi komunikasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, sarjana Ilmu sosial bidang studi ilmu komunikasi konsentrasi ilmu jurnalistik, diharapkan memiliki :
1. Kemampuan dalam mencari, mengolah, menulis dan menyampaikan berita/artikel, tajuk rencana, laporan mendalam secara efektif melalui media massa yang sesuai dengan kode etik jurnalistik.
2. Pemahaman akan hukum yang mengatur media massa
3. Kepekaan akan aspek-aspek kehidupan dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.
4. Kemampuan mengelola dan mengembangkan usaha penerbitan media cetak dan atau elektronik.
5. Kemampuan melakukan penelitian dibidang media massa.


Luasnya bidang yang membutuhkan para sarjana bidang studi Ilmu Komunikasi, baik dibidang pemerintah maupun swasta merupakan lapangan pekerjaan yang terbuka bagi sarjana Ilmu Sosial ini, terutama sebagai tenaga peneliti, perencana dan pengelola, dan bidang-bidang khusus seperti perusahaan penerbitan SK, majalah, TV, Radio, Film, dan pekerjaan lain yang berkaitan.


Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat (Public Relation)


PROFIL LULUSAN


  • PR/Humas
  • Public Speaker/juru bicara
  • Bagian Pemasaran/promosi
  • Event Organiser
  • Publisher
  • Pendidik/Trainer
  • Peneliti
  • Konsultan PR
 Kompetensi lulusan Konsentrasi Public Relations
a. Kompetensi Utama
  1. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam pengelolaan lembaga dan kegiatan Public Relations, serta beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah lembaga dan kegiatan Public Relation.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan spesialis dan mendalam dalam pengelolaan lembaga dan kegiatan Public Relations serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural kelembagaan dan kegiatan Public Relations.
  3. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai solusi alternatif dalam pengelolaan lembaga dan kegiatan Public Relations .
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi dan individu dalam pengelolaan dan kegitaan Public Relations.
b. Kompetensi Pendukung
  1. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam merancang dan mengelola lembaga dan kegiatan Public relations baik pada instansi pemerintah maupun swasta.
  2. Mampu memecahkan permasalahan Public Relations dengan memanfaatkan ilmu dan teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Menguasai konsep dan teori tentang Public Relations dan mampu menerapkan konsep dan terori tersbut dalam mengelola lembaga dan kegiatan Public Relations.
  4. Mampu menawarkan alternatif penyelesaian masalah prosedural untuk efektivitas dan efisiensi pengelolaan lembaga dan kegiatan Public Relations.
  5. Menguasai metode dan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif dalam bidang Public Relations
  6. Mampu menyusun telaahan (evaluasi) tentang kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam prosespengelolaan lembaga dan kegiatan Public Relations.
  7. Mampu memanfaatkan informasi dan data dalam menentukan alternatif yang paling tepat dalam pemecahan masalah kelembagaan dan kegiatan Public Relations.
  8. Mampu mengelola lembaga dan kegiatan Public Relations dengan berpedoman pada nilai-nilai kejujuran, seimbang, adil dan demokratis baik secara individual maupun tim.
c. Kompetensi Lainnya
  1. Berpikir logis dan berstruktur berdasarkan kaidah ilmu pengetahuan dalam bidang Public Relations.
  2. Terampil memanfaatkan teknologi dalam mengelola lembaga dan kegiatan-kegiatan Public Relations.
  3. Berpegang teguh pada prinsip-prinsip hukum, etika, moral dan ketuhanan, berakhlak mulia, dan memiliki etos kerja yang tinggi dalam menyelenggarakan layanan kepada masyarakat yang terkait dengan bidang Public Relations.
Pendidikan program studi Ilmu Komunikasi konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat (Public Relation), bertujuan menghasilkan sarjana yang dapat bekerja dilembaga-lembaga pemerintah dan perusahaan-perusahaan swasta.
Hubungan Masyarakat penting dalam suatu organisasi, karena keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai misi dan tujuannya ditentukan oleh peranan dan kegiatan hubungan masyarakat dalam memelihara hubungan baik dengan publik sasaran baik internal maupun eksternal.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Sarjana Ilmu Sosial bidang studi ilmu komusikasi Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat diharapkan memiliki:
1. Pengetahuan tentang berbagai kegiatan lembaga eksternal dan internal, memantau, menemukan serta membantu dan memecahkan masalah yang timbul dalam hubungan publik.
2. Pengetahuan dan wawasan dibidang teknis penelitian, perencanaan dan pengelolaan program kehumasan serta melakukan komunikasi dan evaluasi.
3. Kemampuan menggunakan Teknik Komunikasi lisan maupun tulisan, gambar dalam situasi perorangan, kelompok dan massa.
4. Kemampuan dan keterampilan dibidang kehumasan dan menciptakan kerjasama untuk kepentingan kehumasan bersama.


Lapangan pekerjaan bagi para lulusan program studi ini cukup luas, karena semua organisasi pemerintah maupun swasta memiliki unit kerja, khususnya yang menangani hubungan masyarakat.

Konsentrasi Manajemen Komunikasi (Mankom)


Manajemen Komunikasi bertujuan menghasilkan sarjana yang memiliki integritas, pengetahuan dan keterampilan di bidang Manajemen Komunikasi. Mereka dituntut memiliki kemampuan mengembangkan konsep dan desain training komunikasi, bisnis media, komunikasi pemasaran dan penguasaan teknologi komunikasi.
Program Manajemen Komunikasi/Strategic Communications. Program ini merupakan jalur yang diarahkan untuk penguasaan Ilmu Komunikasi terapan, dan dirancang terutama sekali untuk melahirkan tenaga-tenaga praktisi profesional di berbagai sektor industri komunikasi (media massa, hubungan masyarakat, komunikasi korporasi, periklanan, kebijakan dan perencanaan program komunikasi). Hingga saat ini program  Manajemen Komunikasi telah mencetak tenaga-tenaga profesional tingkat manajer  dalam bidang media massa, komunikasi korporasi, dan periklanan yang tersebar di berbagai lembaga bisnis, pemerintahan, ataupun lembaga-lembaga kemasyarakatan. Guna melayani meningkatnya kebutuhan akan spesialis-spesialis komunikasi dalam era demokratisasi politik pasca 1998, Program Pascasarjana I. Komunikasi sejak tahun akademis 2005 telah membuka area konsentrasi baru, yakni Manajemen Komunikasi Politik. Area konsentrasi baru tersebut, diharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan akan spesialis-spesialis komunikasi dalam berbagai aktivitas politik dan proses demokrasi ( manajemen kampanye pemilihan umum,  manajemen issue, manajemen citra, dsb.) yang kesemuanya mensyaratkan penguasaan Ilmu Komunikasi serta Manajemen..


Prospek Kerja Lulusan Manajemen Komunikasi :

  1. Manajer/ Pengelola media komersial dan komunitas
  2. Manajer Produksi dan Komunikasi Pemasaran Media
  3. Konsultan Manajemen Media Komersial dan Media Komunitas.
  4. Komunikasi Negosiasi
  5. Komunikasi Pemasaran
  6. Retorika dan Presentasi





Selain beberapa prospek pelajaran yang seru seperti ngedit video, ngedit berita, nulis artikel dan bikin majalah. Prospek kerja Ilmu Komunikasi juga terbuka luas. Pengen jadi penulis…produser acara teve, wartawan? Semua media bakal membuka kesempatan luas bagi jurusan ini. prospek lain dari ilmu komunikasi sebenarnya sangat tidak terbatas. Ilmu komunikasi sangat dibutuhkan dalam hal apapun, hal ini bisa kita lihat dari banyaknya instansi yang memaknai komunikasi adalah unsur penting dari kemajuan instansinya. Sehingga banyak instansi yang membuat sebuah media komunikasi yang bertujuan mempropagandakan dan menjadikan media itu sebagai alat persuasif kepada khalayak luas untuk memahami gagasan dari instansi itu.

Prospek kerja lulusan komunikasi tidak hanya berhenti dari sebuah perusahaan media yang besar atau pekerjaan yang sudah umum berhubungan dengan ilmu komunikasi, tapi kita bisa mengembangkan kreativitas kita dalam sebuah usaha baru yang tentunya sesuai dengan apa yang kita harapkan dan sesuai dengan gagasan kita.

Jadi, bagi para mahasiswa yang sekarang tengah menjalani kuliah, tidak perlu khawatir untuk mendapatkan pekerjaan. Karena banyak jenis pekerjaan yang menanti para lulusan komunikasi seperti yang telah diuraikan di atas. Yang mesti dilakukan untuk saat ini adalah belajar dengan sungguh-sungguh, memahami sebaik mungkin materi yang telah diajarkan oleh dosen agar nanti kedepannya lebih mudah untuk mendapatkan atau menciptakan pekerjaan.



Prospek Kerja Jurusan PR :
Bagi lulusan Ilmu Komunikasi, prospek berkarirnya luas. Hampir di setiap perusahaan pasti memerlukan yang namanya PR. Prospek profesi lulusan Ilmu Komunikasi jurusan PR bisa bekerja sebagai Public Relation perusahaan.
Kalo perusahaan besar, perlu banyak PR untuk media monitoring dan relation. Selain itu, bisa juga jadi Account Executive dan juru bicara perusahaan. Bisa dibayangin berapa gajinya?

Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik :
Kalau kamu ambil jurusan Jurnalistik, kamu bisa jadi wartawan media cetak maupun reporter TV. Sebagai pemimpin media, manajer produksi dan komunikasi pemasaran media. Sebagai konsultan media, Presenter, Kamerawan, Script Writer ato produser program TV dan radio, dan semua yang berhubungan dengan media.



Oo iya, lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi berhak menyandang gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom). Bukan S.Kom, karena S.Kom adalah Sarjana Komputer.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »