CARA MEMPERBAIKI MESIN MOBIL

1:04 AM


Mesin Mobil Ngelitik, IniPenyebabnya


Penulis: Rachmat Muslim
Salah satumasalahbagipengendaramobiladalahmesinngelitik. Yaknisituasi di manasuaramesinsepertidiketok-ketokdengancepat. Kebanyakan orang menyebutnyamesinngelitik, namunistilahteknisnyaadalah engine knocking.
"Penyebabmesinngelitikadabanyak. Seperti piston head atauruangbakar yang kotor," ujarSantoso, mekanikBengkelBerkah Jaya AbadiCiputatkepada Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia, Rabu, 3 September 2014. "Namunsecarateknis, ngelitikterjadikarenakinerjamesin yang takmaksimal, akibatsistempembakarantidaksempurna."
Santoso pun menjelaskanadabeberapapenyebabmesinmobilngelitik. Berikut yang terangkumolehPlasadana:
1. Sistemkelistrikanrusak
Engine knocking umumnyaakibatmasalahsistempengapianataukelistrikan. Misalnya, kepala distributor yang rusakataukotor, kabelbusirusak, ataubusitidakberfungsibaik.
Untukmengidentifikasikabelbusi yang rusak, Andadapatmelepassemuakabeldaribusidanbagiankepala. Laluarahkanujungkabelbusitadiketubuhmesindannyalakanmobil. Dalamtahapini, perhatikan pula adatidaknyalompatanapi.
Cara yang hampirsamabisaAndalakukangunauntukmenelusurikerusakanbusi. Bedanya, bukabusidarimesinlalupasangdanhubungkanbagiankepaladengankabelbusi. "Jikakepala distributor kotor, cukupbersihkandenganamplashalus," kata Santoso. "Tapikalaukabelbusitidakmenghantarkanlistrik, kabelituharusdiganti. Jugadenganbusi yang rusak."
2. Penggunaanbahanbakar yang tidaksesuai
Mesinngelitiikbisa pula karenapemakaianbahanbakar yang salah. Faktorekonomikadangmembuatpemilikmobilmemilihmenggunakanbahanbakarberoktanrendah. Meskimobiltersebutharusnyamenggunakan BBM denganoktantinggi.
JikaAndasudahterlanjurtelahmengisitangkidengan BBM jelek, tidakperlumembuangnya. Cukupdenganmengisidengan BBM beroktantinggisepertiPertamax, atau yang setara, dengan volume yang cukup.
"Bilamesinmasihjugangelitik, Andabisamembelibahanpenambahnilaioktan. Zatinidijual di bengkeldanpombensin," kata dia.
3. Overheat
Kompresisertatemperaturtinggi pun bisamemicupembakaranlebihawal, sehinggamesinngelitik. Karenaitu, Andawajibmerawatsistempendinginmesin. Cek radiator, kipas radiator, selang, pompa air, serta thermostat. "Bilasalahsatukomponeninibermasalah, akanterjadi overheat danmenimbulkanngelitik," kata Susanto.
4. Cara mengendara yang salah 
Mesinngelitikjugabisadisebabkandarigayamengemudisipemilikmobil. Perlakuanterhadapmobil yang salahakanmembuatmesincepatrusakdanmengelitik. Perlakuansalahitusepertimenggunakanposisigigi yang tidakseimbangdengankecepatanmobil, menggunakangigitinggipadakecepatanrendah, kebiasaanmenambahkecepatanmobilsecaratiba-tiba, ataumemberikanbeban di luarkemampuanmesin
"Pelajaridanpatuhicaramemperlakukanmobilataumengemudidengancara yang baikdanbenar. Normalnyapenggantian gear pada rpm 3000," ujarnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »