rumus dasar trigonometri

10:32 PM

Rumus Dasar TRIGONOMETRI

          setelah kita ketahui perbandingan trigonometri dasar, tentu kita akan ketahui mengenai sudut sudut istimewa dan berelasi dalam trigonometri. sudut - sudut istimewa ialah sudut yang sering dipakai atau umum, sudut - sudut istimewa terdiri dari 0,30,45,60 dan 90 derajat. berikut niai dari kelima sudut tersebut.

            

pelajaran trigonometri ini mulai muncul di jenjang SMA dan materi paling dasar berada di kelas 10. tentu kita masih awam dan masih menerka - nerka, namun sebenernya trigonometri itu mudah. banyak metode penghapalan rumus trigonometri, salah satunya yaitu cara untuk menghapalkan kelima sudut istimewa tersebut dengan metode JARI. kelima jari tangan kita digunakan untuk menghapal dengan ketentuan dibawah ini :

       

  dapat kita lihat dalam gambar tersebut. jika kita ingin mengetahui nilai SIN maka menghitung dari sebelah kelingking untuk jari kiri. INGAT, nilai tidak berubah. jari kelingking bernilai 0, jari manis bernilai 1/2, jari tengah bernilai 1/2 akar 2, telunjuk bernilai 1/2 akar 3 dan jempol bernilai 1,untuk nilai cos hitung dari sebelah jempol. bagaimana? mudah bukan? trigonometri bukanlah hal yang sulit bila dicerna dengan baik. karena setiap rumus saling terintegrasi satu sama lain.         nilai sudut trigonometri bukan hanya 0 - 90 derajat saja, tetapi dari 0 - 360 derajat bisa dihitung dengan rumus trigonometri. taukah anda cara menghitungnya? nah disini akan dibahas mengenai Sudut - sudut berelasi. sudut - sudut berelasi ialah sudut dari 0 -360 derajat yang dikelompokan berdasarkan KUADRAN mereka masing - masing. dalam sudut berelasi ini mempunyai 4 KUADRAN sudut. dan masing - masing kuadran mewakili satu sifat trigonometri yaitu sin, cos dan tan, bukan hanya itu. sesuai judulnya yaitu sudut berelasi, antara kuadran satu dengan kuadran lainya juga terdapat sudut yang mengapit. untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah ini.

      

dapat dilihat dari gambar tersebut, bahwa kuadran pertama SIN,COS dan Tan bernilai positif. sementara untuk kuadran kedua SIN bernilai positif, TAN bernilai positif pada kuadran ketiga dan COS bernilai positif untuk kuadran keempat. bagaimana bila anda mendapatkan pertanyaan nilai COS 300, SIN 150 dan Tan 240? simak dalam rumus dibawah ini.

dengan gambar diatas kita dapat menghitung sudut lebih dari 90 derajat. Perhatikan, bila anda cermat maka anda akan menemukan sebuah perbedaan hasil pada sudut 90 dan 270 derajat. misal: sin (90+a) = cos a. ya, memang dalam sudut 90 dan 270 terjadi perbedaan hasil. tapi awas terjebak dengan tanda (-), karena akan sangat fatal bila anda melupakan tanda yang satu ini. penggunaan tanda (-) juga harus diperhatikan, misal pada sin(270-a) = - cos a. tanda minus tersebut mengikuti SIN karena 270 -a ada pada kuadran III dan sifatnya minus. maka hasil nya (-cos a ) dan begitu seterusnya. rumus sudut berelasi ini juga bisa dipakai untuk menghitung sudut lebih dari 360 derajat misalkan 720 derajat dan seterusnya.         seperti yang kita ketahui bahwa segitiga yang dipakai trigonometri merupakan segitiga siku - siku. lalu, bagaimana dengan segitiga sama sisi? nah, kita akan membahas rumus trigonometri yang menggunakan segitiga sama sisi. kita dapat menggunakan ATURAN SINUS dan ATURAN COSINUS. untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini

rumus ini digunakan bila dalam soal yang diketahui sisi dari segitiga beserta sudut yang dicari, atau sebaliknya. begitu juga dengan aturan cosinus. teman - teman, trigonometri juga mempunyai identitas. yaitu IDENTITAS TRIGONOMETRI, berikut rumusnya.

              

  dan itulah rumus - rumus dasar trigonometri SMA.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »