10 OLEH - OLEH KHAS SEMARANG

11:10 PM

Top 10 Oleh-oleh Khas Semarang

kali ini saya akan membahass oleh - oleh khas dari semarang yang bikin kita jadi ngiler pengen  nyobainnya.
langsung saja kita ke pembahasannya.

1. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang
Lumpia Semarang
Tak lengkap rasanya bila Anda berkunjung ke Semarang tanpa menyantap lumpia semarang. Jika lumpia pada umumnya hanya berisi telur, toge, dan tahu, maka tidak demikian halnya dengan lumpia semarang. Isian lumpia semarang antara lain adalah rebung, telur, daging ayam, dan udang. Sausnya yang kental memiliki citarasa khas perpaduan kuliner tionghoa dan Indonesia. Lumpiah semarang ini awalnya memang dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia asli dan menetap di Semarang. Karena lumpia semarang ini tidak dapat tahan lama, maka jika Anda ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh, maka sebaiknya Anda membelinya di hari terakhir sebelum Anda pulang. Supaya lumpia semarang ini bisa lebih awet, Anda bisa menyimpannya di freezer.

2. Bandeng Presto

bandeng juwana
bandeng juwana
Bandeng Presto merupakan makanan asli Semarang yang ditemukan pada tahun 1977 oleh Hanna Budimulya yang berasal dari Pati, Jawa Tengah. Ikan bandeng dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam, lalu diberi alas daun pisang dan dimasak dengan cara presto sehingga duri-duri ikannya menjadi lunak. Bandeng Presto yang terkenal di Semarang adalah Bandeng Juwana yang sudah berdiri sejak tahun 1981. Di toko Bandeng Juwana, Anda dapat memilih berbagai varian bandeng. Ada bandeng duri lunak, otak-otak bandeng, bandeng asap, bandeng goreng telur, bandeng teriyaki, dan lainnya. Untuk oleh-oleh, Anda dapat memilih bandeng vacuum yang dapat bertahan hingga tiga bulan. Toko Bandeng Juwana ini beralamat di Jln Pandanaran No 57, Semarang.

3. Wingko Babat

wingko babat
wingko babat
Wingko babat adalah sejenis kue yang terbuat dari tepung ketan, kelapa, santan, dan gula. Bentuknya bulat dengan tekstur agak keras. Wingko babat merupakan salah satu oleh-oleh khas Semarang yang sangat terkenal. Padahal sebenarnya wingko bukan berasal dari Semarang, melainkan dari Babat, daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Wingko babat yang memiliki rasa manis dan gurih ini biasanya dibungkus dengan kertas dan banyak dijual di stasiun kereta api, stasiun bus, dan toko-toko kue. Saran saya pribadi, lebih baik Anda membeli wingko babat ini di toko oleh-oleh sehingga lebih jelas kapan wingko tersebut diproduksi. Pasalnya, tak jarang ada penjual yang nakal dengan menjual wingko yang sudah diproduksi cukup lama.

4. Moaci Gemini

moaci gemini
moaci gemini
Kue Moaci Gemini ini agak mirip sekaligus berbeda dengan kue mochi Cianjur. Kue moaci terbuat dari tepung ketan dan santan. Bentuknya bulat dan bagian luarnya diselubungi tepung atau wijen. Isiannya bermacam-macam, namun yang paling terkenal adalah isian kacang tanah. Selain kacang tanah, ada juga rasa rasa talas, strawberry, durian, cokelat, dan pandan. Teksturnya yang kenyal, lembut dan rasanya yang enak membuat kue moaci ini menjadi salah satu oleh-oleh wajib jika Anda berwisata ke Semarang. Kue moaci ini dapat bertahan hingga dua minggu jika dimasukkan ke dalam kulkas. Toko Moaci Gemini ini beralamat di Jl. Kentangan Barat No. 101, Semarang.

5. Lontong Spekkoek Waiki

lontong spekkoek
lontong spekkoek
Oleh-oleh khas Semarang lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah lontong spekkoek waiki. Lontong spekkoek ini adalah kue lapis legit atau spekkoek yang dibentuk menyerupai lontong. Rasanya enak dan teksturnya lembut.

6. Roti Brillian

brillian super cake
brillian super cake
Mungkin Anda akan berpikir, ah roti di mana-mana kan sudah ada! Eits, tunggu dulu! Hanya Istana Roti Brillian yang menjual roti tanpa bahan pengawet yang dapat bertahan hingga 60 hari. Roti Brillian yang kini menjadi salah satu oleh-oleh khas Semarang ini merupakan roti dengan lapisan cokelat dengan tekstur yang cukup padat. Rahasia dari roti yang tahan lama ini adalah karena divakum. Beberapa rasa roti brillian ini adalah coklat, keju, kismis, almond, dan cappuccino. Semuanya dilapisi dengan cokelat. Roti brillian (atau juga dikenal sebagai brillian super cake) ini memiliki citarasa yang khas, enak, dan tidak bikin enek.

7. Roti Gandjel Rel

roti ganjel rel
roti ganjel rel
Roti Gandjel Rel adalah oleh-oleh khas Semarang yang resepnya berasal dari jaman peninggalan belanda. Roti gandjel rel ini memiliki citarasa manis dengan aroma kayu manis yang harum. Bentuknya kotak dengan warna coklat dan bagian atasnya ditaburi wijen. Roti gandjel rel ini mirip dengan roti gambang. Teksturnya padat dan agak alot. Dinamakan roti gandjel rel karena bentuknya yang mirip dengan bantalan rel kereta api. Anda dapat menemukan roti gandjel rel ini di Pasar Johar.

8. Tahu Bakso Ungaran

bakso tahu ungaran
bakso tahu ungaran
Dari semua tahu bakso yang dijual di Ungaran, yang paling terkenal adalah Tahu Baxo Ibu Pudji. Tahu bakso buatan Ibu Pudji ini menggunakan tahu yang diproduksi di pabriknya sendiri. Hal ini tentu saja untuk mengontrol kualitas tahu. Sedangkan adonan baksonya dibuat dari daging sapi giling yang dicampur dengan tepung kanji dan bumbu-bumbu. Ada dua jenis tahu bakso yang dijual Tahu Baxo Ibu Pudji, yaitu goreng dan basah. Anda bisa membeli yang basah untuk oleh-oleh dan membeli yang digoreng untuk langsung disantap. Lezatnya tahu bakso goreng yang dicocol kecap manis dan cabe rawit :p

9. Tumpi

tumpi
tumpi
Para penggemar keripik, jangan lupa untuk berkunjung ke daerah Karangbolo, Desa Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Daerah Karangbolo ini merupakan sentra industri rumahan keripik. Salah satu jenis keripiknya yang terkenal adalah tumpi. Tumpi adalah sejenis peyek yang menggunakan topping kacang hijau. Rasanya renyah dan gurih.

10. Kue Sarang Madu

Kue sarang madu
Kue sarang madu
sarangmadu
Kue sarang madu (atau carang madu) terbuat dari santan, tepung beras, dan gula. bentuknya mirip carang (dalam bahasa jawa artinya ranting bambu) dan di bagian atasnya diolesi gula merah. Rasanya merupakan perpaduan antara gurih, renyah, dan manis. Kue sarang madu ini merupakan kue kuno asal Welahan yang dapat dijumpai di toko oleh-oleh di daerah Kudus, Jepara, dan Semarang. Jika ingin membawa kue sarang madu ini sebagai oleh-oleh, maka Anda harus hati-hati membawanya agar tidak hancur dalam perjalanan. Mungkin lebih baik bila dibungkus dengan kardus, ya? Hehehe.
Nah, Klikers, itulah 10 oleh-oleh khas Semarang. Mana yang menjadi favorit Klikers selain lumpia semarang?

Artikel Terkait

Previous
Next Post »