MICROSOFT WORD 2013

8:20 PM


                                                                     Microsoft Word 2013

1.1 Mengenal Microsoft Word
                Microsoft Word merupakan program aplikasi dari Microsoft Office yang biasa sering digunakan untuk mengelola teks, dokumen, laporan, dan lain sebagainya, yang cukup lengkap dan lebih otomatis. Bahkan perintah dan fungsi yang disediakan oleh software ini menunjang berbagai keperluan, mulai dari pengetikan atau penyusunan naskah biasa, laporan, surat kabar, sampai dengan fax.
                Microsoft Word 2013 adalah program pemroses kata yang didesain untuk membantu anda mengatur dan menuliskan dokumen dengan lebih efisien, serta menghasilkan dokumen berkualitas professional.
1.1.1 Manfaat Microsoft Word
1. Memudahkan Menyelesaikan Pekerjaan.
                Dengan aplikasi Microsoft Word, kita sangat terbantu dalam menuntaskan semua pekerjaan. Mulai dari sekedar menulis, hitung table, sampai membuat gambar, semuanya dapat kita lakukan.
2. Menghemat Waktu
                Sudah jelas sekali dengan adanya computer, dalam kasus ini program MS Word bisa menghemat waktu. Jika kita mencetak undangan yang sama dalam jumlah banyak, dengan hanya menggunakan mesin ketik, bisa berhari-hari selesainya. Kalau dengan MS Word, kita bisa menggunakan copy-paste atau mail-merge untuk membuat surat massal.
3. Menghemat Kertas
                Oleh karena MS Word bisa diedit jika terjadi kesalahan ( sebelum diketik ), hal ini bisa sangat menghemat konsumsi kertas.
1.1.2 Fungsi dan Kegunaan Microsoft Word
                Adapun fungsi dan kegunaan MS Word itu sendiri bervariasi atau bermacam-macam, bergantung pada kebutuhan user atau pemakainya. Fungsi utama MS Word adalah membantu kita dalam mengolah kata, yang terkait dengan kata/teks/dokumen/surat-menyurat, dan lainnya.
                Dengan sedemikan canggihnya tool MS Word, fungsinya pun tidak hanya terbatas pada pengolahan kata. Table dalam word juga bisa digunakan untuk olah angka, meski tidak selengkap diMicrosoft Excel. Dapat juga dipakai untuk menghitung, menampilkan lambing-lambang, membuat rumus-rumus matematika dengan fasilitas equation yang dimiliki oleh MS Word.
1.1.3 Spesifikasi dan Kelebihan Microsoft Office 2013
                Berikut ini adalah spesifikasi dan kelebihan Microsoft Office 2013 dibandingkan office terdahulu.
A. spesifikasi hardware minimum untuk Microsoft office 2013
1. Procesosr: Procesor 1 Ghz atau lebih tinggi x86/x64 dengan SSE2 set instruksi.
2. Memori: 1 GB RAM (32 bit)/2 GB RAM (64 bit)
3. Hard Disk: 3,5 GB ruang kosong cakram
4. Sistem Operasi: Windows 7 (32 bit atau 64 bit), Windows 8R2 dengan Net 3.5 atau lebih.
5. Grafis: Akselerasi perangkat keras grafis membutuhkan kartu grafis DirectX10 dan resolusi layar 1024 X 576.
B. kelebihan dari Microsoft word
1. Dioperasikan dengan layar sentuh.
2. Untuk pertama kali. Word, Excel, Power Point, dan Outlook dikontrol dengan layar sentuh. Seperti membuka dan menggeser untuk memperbesar dapat dilakukan pada dokumen, file, dan presentasi.
3. Kelebihan di Power Point 2013 bahwa dokumen, slide, dan presentasi dapat ditampilkan dilayar mobile, serta dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan digital pen, stylus, atau bahkan jari.
4. Microsoft Office 2013 akan lebih optimal jika dipasang disistem Windows 7 keatas, yakni Windows 7 dan Windows 8.
1.1.4 Fitur Baru Microsoft Word 2013
                Word 2013 memberikan fitur-fitur baru dan perbaikan dalam pembuatan dokumen, baik untuk membaca, mengedit, dan kolaborasi. Antarmuka dirancang dengan tampilan yang simple dan rapi agar pengguna bisa focus pada konten serta tool yang mudah diakses.
1. Design Tab
                Word 2013 menambahkan satu tab baru, yaitu tab design yang berisi format tampilan dokumen. Antara lain grup themes ( themes, color, fonts ) dan grup page background ( watermark, page color, page border ) yang di Word versi sebelumnya berada ditab page layout.
2. Documents Formatting
                Tambahan fitur baru pada tab ini adalah grup document formatting yang berisi format untuk judul, heading, da nisi dokumen, serta opsi untuk spasi paragraph yang lebih bervariasi.
3. Read Mode View
                Word 2013 menambahkan Read Mode View, yaitu mode baca yang akan menampilkan halaman dalam bentuk kolom ( horizontal ). Fitur ini mirip dengan Full Screen View pada Word 2010.
4. Fitur Expand dan Collapse
                Fitur baru ini membantu kita untuk menyembunyikan ( collapse ) dan menampilkan (Expand ) isi dokumen pada print layout view, fitur ini sangat bermanfaat untuk anda yang ingin focus pada bagian tertentu dokumen.
5. Fitur Live Layout dan Alignment Guides
Fitur Live Layout berguna untuk menunjukan tampilan dokumen secara real time saat kita memindahkan, memperbesar, atau merotasi objek gambar, grafik, shape, atau smartart. Posisi teks yang mengelilingi objek akan otomatis berubah sehingga mempermudah kita melihat tampilan dokumen, sebelum menerapkan perubahan tersebut.
Alignment Guides yang berbentuk garis hijau akan otomatis muncul saat kita memindahkan objek gambar, grafik, shape, atau smartart. Garis tersebut berguna untuk menunjukkan garis margin dan batas halaman, heading, atau paragraf. Dengan begitu kita bisa melihat apakah posisi objek sejajar dengan elemen tersebut dalam halaman dokumen.
6. Fitur Layout Options
                Ikon Layout Options akan muncul saat kita mengklik objek gambar, grafik, shape, atau smartart., sehingga mempermudah kta untuk mengatur posisi objek dengan teks dalam dokumen dengan cepat. Klik ikon Layout Options untuk memilih opsi Text Wrapping seperti Tight, Square, atau Through.
7. Fitur Tabel
                Word 2013 mempermudah kita untuk menambahkan baris dan kolom pada table ( table ) dengan cara mengarahkan mouse dibagian yang ingin kita tambahkan.
8. Footnote
                Di Word 2013, kita bisa mengatur apakah footnote ingin ditampilkan dalam satu atau beberapa kolom ( maksimal 4 kolom )
9. Gambar dan Video Online
                Pada Word 2013, kita bisa menyisipkan dan menonton video online pada dokumen. Kita juga bisa menyisipkan gambar dari internet tanpa harus menyimpannya kedalam computer terlebih dahulu.
10. File PDF
                Dengan fitur PDF Reflow, Word 2013 akan mengonversi file PDF menjadi dokumen Word yang bisa diedit. Fitur ini sesuai untuk file PDF yang berisi teks. Untuk file yang berisi banyak gambar dan table, ada kemungkinan hasil konversi tidak sempurna.
11. Fitur Resume Reading
                Sama seperti aplikasi Adobe Digital Editions, Word 2013 memilki fitur Resume Reading yang berguna sebagai bookmark, yang bisa mengingat halaman terakhir dibaca atau diedit.
12. Comment dan Track Changes
                Jika Comment dan Track Changes berguna untuk dokumen yang dikerjakan oleh lebih dari satu orang. Dengan fitur-fitur ini, kita bisa memberi komentar pada dokumen, melihat revisi pada dokumen yang ditandai dengan warna teks yang berbeda, atau dicoret untuk menunjukan teks tersebut dihapus. Jika fitur ini diaktifkan di Word versi sebelumnya, maka dokumen akan penuh dengan coretan dan warna. Hal ini akan membuat tampilan dokumen menjadi berantakan dan sangat mengganggu.





1.2 Menggunakan Microsoft Word 2013
1.2.1 Memulai Microsoft Word 2013
                Ada beberapa cara untuk menjalankan Microsoft Word 2013, dapat menggunakan Windows 7 ataupun Windows 8.
Ø  Menggunakan Shortcut Word di Windows 7
1. klik start Menu.
2. Klik All Programs.
3. Cari dan buka folder Microsoft Word 2013.
4. Kilk Word 2013.
Ø  Menggunakan Shortcut Word di Windows 8
1. Klik start box.
2. Klik pada tile Word 2013.
                Pada saat membuka program Microsoft Word 2013, anda langsung diperlihatkan dengan tampilan antarmuka yang menarik, dan terlihat beberapa template dokumen tersaji yang siap untuk anda gunakan.
1.2.2 Membuat Dokumen Word 2013
                Dengan program Word 2013, anda dapat membuat dokumen dengan langkah sebagai berikut:
Ø  Membuat dokumen dengan blamk documents
1. anda dapat menggunakan pilihan blank document untuk membuat dokumen baru dengan lembar kerja yang masih kosong.
2. Setelah anda klik blank document, anda berada pada document baru yang siap untuk diisi.
Tunggu ya lanjutannya….
hehhee

Artikel Terkait

Previous
Next Post »