Perbaiki Pengobatan Diabetes Dengan Plester Kulit Pintar

4:27 AM

Perbaiki Pengobatan Diabetes Dengan Plester Kulit Pintar

plester kulit pintar
Bagi orang yang memiliki penyakit diabetes, bulan Ramadhan ini menjadi ibadah yang mungkin dirasa sangat berat. Seperti saja saat berbuka, penderita diabetes mungkin berfikir dua kali untuk memakan yang manis walaupun di sunnatkan. Sekitar empat ratus juta mengidap diabetes diseluruh dunia. Nah, pada saat ini sejumlah peneliti sudah mengembangkan “plester insulin pintar” yang dapat menyembuhkan diabetes. Plester kulit itu, bentuknya segi empat tipis serta sangat kecil, serta dapat digunakan dalam menghindari suntikan yang menyakitkan.
Plester pintar ini nantinya dapat pengganti suntikan insulin. Suntikan yang sangat diperlukan apalagi bagi mereka yang menderita diabetes tipe satu. Mereka memerlukan suntikan tersebut karena penderita tidak banyak menghasilkan hormon. Insulin yaitu sebuah hormon yang diperlukan untuk mengatur kadar gula pada tubuh.
Plester kulit ini sudah dapat diprogram agar secara otomatis dapat mendeteksi perkiraan glukosa pada darah serta bila kadarnya terlalu tinggi, memberikan dosis insulin yang persis diperlukan untuk penderita penyakit diabetes lewat jarum mikro, ukurannya sekitar sepanjang bulu mata. Zhen Gu, yang menjabat sebagai profesor Rekayasa Biomedis pada Univ of North Carolina, menuturkan plester kulit itu nantinya mengurangi risiko makanan insulin berlebih.
“bila terlalu banyak konsumsi insulin sangat banyak, terkadang menghasilkan hipoglikemia, bagi si penderita dapat berujung fatal,” ujarnya. “Ini alasan kami terus menerus melakukan peluasan sistem berbasis closed-loop yang bisa meniru fungsi pankreas.”
Selanjutnya dalam penemuannya Gu bersama koleganya, mereka menemukan plester pintar itu dapat secara langsung memberikan penurunan serta mengatur kadar glukosa darah, yang pada saat itu tikus dijadikan percobaan, yang menderita diabetes Tipe 1 hingga sembilan jam.
Dia kemudian mengatakan bahwa tujuan akhirnya yaitu dengan satu plester, para penderita penyakit diabetes dapat menjaga gula darah dalam jumlah perhitungan yang normal selama beberapa hari. Nah, Penelitian tersebut telah dipublikasikan pada jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. Plester insulin pintar itu bagi para penderita penyakit diabetes dapat meringakan hidup mereka, diabetes Tipe 1 serta Tipe 2 yang sudah parah, serta, selain itu pula dapat menekan rasa sakit dari suntikan insulin.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »