SHAUM

12:46 AM


                                                                      SHAUM

                IbnuSina (980-1037 M), seorangdoktermuslimterkenalpadamasanya, menerapkankonseppuasapadapasien-pasienya. Iaselalumengharuskansetiappasien yang datangkepadanyauntukberpuasaterlebihdahuluselamatigaminggu.
                Kemudianmenyusulberabad-abad yang lalumanusiamengenaldanmemulaimenjalanipuasa. Merekamelakukannyakarenaalasankesehatandanpenyucianjiwa. Bahkan Plato dan Socrates pun selalumembiasakansepuluhharidalambulanmelakukanpuasa, menurutmerekasebagaiekspresipenyucianpikiran.
                dengandemikian, tidakdiragukanlagibahwapuasamerupakanterapikesehatansejakzamandahuluhinggasekarang. Begitupunapa yang telahdilakukanolehRasulullahdalamkehidupansehari-harinya yang senantiasadihiasiolehshaumataupuasa. Tetapiitubukansatu-satunyatujuan orang berpuasa, namunterdapatbanyaksekaliayat yang tegasdanmukham (qath’i) dalamkitabullah yang mulia, memberikananjuranuntukpuasasebagaisaranauntuktaqarrubkepada Allah ‘AzzaWaJalla’ danjugamenjelaskankeutamaan-keutamaannya. Berikutadalahbeberapafirman Allah yang berkaitandenganberpuasa.
                “ sesungguhnyalaki-lakidanperempuan yang muslim, laki-lakidanperempuan yang mukmin, laki-lakidanperempuan yang tetapdalamketaatannya, laki-lakidanperempuan yang benar, laki-lakidanperempuan yang sabar, laki-lakidanperempuan yang khusyuk, laki-lakidanperempuan yang bersedekah, laki-lakidanperempuan yang berpuasa, laki-lakidanperempuan yang memeliharakehormatannya, laki-lakidanperempuan yang banyakmenyebut (nama) Allah, Allah telahmenyediakanuntukmerekaampunandanpahala yang besar”. (Q.S. Al-Ahzabayat 35)
                “ danberpuasalebihbaikbagimujikakamumengetahui “. (Q.S. Al-Baqarahayat 184)

ApaSajaKeutamaanPuasaItu?
1. PuasaAdalahPerisai
                Rasulullah SAW menyuruh orang yang sudahkuatsyahwatnyadanbelummampuuntukmeniah agar berpuasa, menjadikaannyasebagaiwijaabagisyahwatini, karenapuasamenahankuatnyaanggotabadanhinggabisaterkontrol, menenangkanseluruhanggotabadan, sertaseluruhkekuatan (yang jelek) ditahanhinggabaisataatdandibelenggudenganbelenggupuasa. Telahjelasbahwapuasamemilikipengaruh yang menakjubkandalammenjagaanggotabadan yang zahirdankekuatanbathin.
                OlehkarenaituRasulullah SAW bersabda. Artinya: “ wahaisekalian para pemuda, barangsiapadiantara kalian telahmampuba’ahhendaklahmenikah, karenamenikahlebihmenundukkanpandangan, danlebihmenjagakehormatan. Barangsiapa yang belummampumenikah, hendaklahpuasakarenapuasamerupakanwijaa (pemutussyahwat) baginya”. (H.R. Bukhari)
                Rasulullah SAW telahmenjelaskanbahwasurgadiliputidenganperkara-perkara yang tidakdisenangi, dannerakadiliputidengansyahwat. Jikatelahjelasdemikianwahaimuslimsesungguhnyapuasaitumenahansyahwat, mematahkantajamnyasyahwat yang bisamendekatkanseoranghambakeneraka, puasamenghalangi orang yang puasadarineraka. Olehkarenaitubanyakhadits yang menegaskanbahwapuasaadalahbentengdarineraka, danperisai yang menghalangiseseorangdarineraka.
AdakahHikmah Lain Dari Shaum?
                Selainmenjagadarisyahwat, shaumjugamenjauhkandariapineraka. Rasulullah SAW bersabda :“ tidaklahseoranghamba yang berpuasadijalan Allah kecualiakan Allah jauhkandia (karenapuasanya) darinerakasejauhtujuhpuluhmusim ”. (H.R. Bukhari)
                “ puasaadalahperisai, seoranghambaberprisaidengannyadariapineraka “. (H.R. Ahmad)
                Sebagianahlulilmitelahmemahamibahwahadits-haditstersebutmerupakanpenjelasantentangkeutamaanpuasaketika jihad berperangdijalan Allah. Namunzahirhaditsinimencangkupsemuapuasajikadilakukandenganikhlaskarenamengharapkanwajah Allah Ta’ala, sesuaidenganapa yang dijelaskanRasulullah SAW termasukpuasadijalan Allah.
2. MemasukkanKeSurga.
                Dari Abu Umamah R.A. katanya, “ Akuberkata (kepadaRasulullah SAW): “ wahaiRasulullah, tunjukkanpadakusuatuamalan yang bisamemasukkankukesurga?
Beliaumenjawab: “ Atasmupuasa, tidakada (amalan) yang semisaldenganitu”. (H.R. Nasa’i)
3. Pahala Orang BerpuasaTidakTerbatas.
                DidalamriwayatBukharidisebutkan:
Artinya: “ Meninggalkanmakan, minumdansyahwaynyakarenapuasauntuk-Ku, danaku yang akanmembalasnya, kebaikandibalasdengansepuluh kali lipat yang semisaldengannya “.
4. Orang PuasaPunyaDuaKegembiraan, Dan BauMulutnyaLebih Wangi Dari BaunyaMisk.
                Dari Abu Hurairah R.A. (bahwasannya) Rasulullah SAW bersabda
Artinya: “ semuaamalanbaniadamuntuknyakecualipuasa, karenapuasaituuntuk-Ku danakuakanmembalasnya, puasaadalahperisai, jikasalahseorangdari kalian sedangberpuasajanganlahberkatakejidanberteriak-teriak, jikaada orang yang mencercanyaataumemeranginya, makaucapkanlah: “ Akusedangberpuasa “. Demi dzat yang jiwaMuhamadditangan-Nya, sesungguhnyabaumulut orang yang berpuasalebihwangidisisi Allah daripadabaumisk, orang yang berpuasamempunyaiduakegembiraan, jikaberbukamerekabergembira, jikabertemuRabbnyamerekabergembirakarenapuasa yang dilakukannya “. (H.R. Bukhori-Muslim)
5.Puasa Dan Al-Qur’an Akan MemberiSyafa’atKepadaAhlinya Di HariKiamat.
                Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: “ puasadan Al-Qur’an akanmemberikansyafaatkepadahambadiharikiamat, puasaakanberkata: “ WahaiRabbku, akuakanmenghalanginyadarimakandansyahwat, makaberilahdiasyafa’atkarenaku “. Al-Qur’an pun berkata: “ akutelahmenghalanginyadaritidurdimalamhari, makaberilahdiasyafa’atkarenaku “ Rasulullah SAW bersabda: Makakeduanyamemberisyafa’at”.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »